Konsumsi 7 Sayur Ini Untuk Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan

March 22, 2019 By admin

Konsumsi 7 Sayur Ini Untuk Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan

Selama masa kehamilan, asupan makanan bernutrisi bagi Anda sangatlah penting. Selain untuk menjaga kesehatan janin yang sedang dikandung, juga untuk memastikan tumbuh kembang organ serta berat badannya tetap normal. Salah satu cara mudah untuk menambah berat badan janin dalam kandungan Anda adalah dengan mengonsumsi 7 jenis sayuran berikut ini.

  1. Kol

Sayur kol merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Dilansir dari Being The Parent, sayur kol kaya akan nutrisi yang setara dengan multivitamin yang diresepkan untuk Anda saat hamil. Kandungan asam folat sayur kol bermanfaat untuk kesehatan DNA pada janin. Jangan lupa masak dulu sayur kol sebelum dikonsumsi ya.

  1. Bayam

Bayam masuk dalam daftar sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sedang hamil. Sayur kesukaan tokoh Popeye ini mengandung mineral, vitamin, zat basi, protein juga asam folat. Vitamin A yang terkandung dalam sayur bayam, memiliki manfaat untuk perkembangan jaringan tubuh dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

  1. Brokoli

Menambah berat badan janin dalam kandungan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi brokoli. Dilansir dari Mom Junction, brokoli kayak akan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serta dan antioksidan. Nutrisi ini memberi efek besar agar pertumbuhan janin menjadi optimal dan mencegah janin lahir dalam keadaan cacat. Konsumsilah brokoli saat keadaannya masih segar.

  1. Wortel

Buah dengan warna oranye ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Dalam 100 gram wortel, sekitar 10 gram-nya adalah karbohidrat yang bisa menambah berat badan janin. Selain karbohidrat, 2 kandungan lainnya yang sangat penting adalah vitamin A dan kalsium. Vitamin A membantu perkembangan organ mata dan kalsium menyempurnakan pertumbuhan tulan janin.

  1. Kale

Diantara sayuran daun, Kale berada di puncak teratas dalam hal kandungan vitamin K. Vitamin K berfungsi untuk melancarkan aliran darah, terutama sekali pada masa kehamilan. Sumber nutrisi janin berasal dari darah yang mengalir lewat plasenta, jadi vitamin ini tentu sangat berefek pada pemenuhan nutrisi calon buah hati Anda.

  1. Kembang kol

Bagian dari sayuran kol yang juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semasa hamil adalah bunga kol. Tiga kandungan utama kembang kol yang sangat bisa diandalkan saat kehamilan adalah Vitamin C, folat dan kalsium. Kandungannya ini membantu pertumbuhan sel pada janin, sehingga janin Anda tetap sehat dan tumbuh normal.

  1. Sawi hijau

Melengkapi asupan sayur Anda saat hamil, konsumsilah sayur sawi hijau. Sawi hijau terutama sekali memiliki kadar vitamin K yang tinggi sama seperti sayur kale. Vitamin ini dapat meningkatkan asupan nutrisi pada janin yang beratnya berada di bawah rata-rata janin normal seusianya. Rutinlah mengonsumsi sawi hijau agar asupan nutrisi untuk janin Anda semakin lancar.

Agar tak bosan, Anda bisa memvariasikan jenis sayuran yang dikonsumsi sehari-hari. Lengkapi juga asupan nutrisi Anda dengan makanan lain yang bisa menambah berat badan janin dalam kandungan. Manfaatkan juga layanan konsultasi online dengan dokter spesialis kandungan di Orami, untuk mendapatkan informasi seputar makanan sehat untuk janin lainnya.

Pilihan Redaksi

shares